Friday, July 23, 2010

Preview Perencanaan LOS Microwave

Kegiatan perancangan suatu link LOS microwave melalui tahap sebagai berikut:
1. Menentukan titik-titik yang akan dipasang(dihubungkan). Maksud titik disini adalah menentukan tempat yang akan dihungkan. Misalkan saja dalam system telekomunikasi diantaranya:
• Hubungan antara BTS dengan BTS
• Hubungan antara BTS dan BSC
• Hubungan antara BSC ke MSC

Dibwah ini misalkan saja link yang akan dihubungkan:



2. Melakukan survey di titik tersebut terhadap titik yang akan dihubungkan, hal ini tujuannya melihat link line-of-sight antara satu dan yang lainnya.
3. Memilih band frekuensi operasi yang dihubungkan terhadap kapasitas transmisi yang akan dibawa.
4. Menganalisa path profile dari kontur bumi. Path profile kita dapat peroleh dari bakorsutanal untuk yang manual, ataupun yang sudah digital. Untuk yang digital, kita bisa dapatkan dari Pathloss.
5. Path calculations, yaitu memperhitungkan level daya terima agar tidak berada di bawah daya threshold dan pemberian margin untuk mengatasi fading pada kondisi terburuk. Pada tahap ini, semua parameter perangkat yang digunakan harus dimasukkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kondisi dilapangan.
6. Ada dua kondisi ketika kita melakukan LOS Survey diantanya:
• Antara dua titik tersebut sudah LOS
Jika hasil survey sudah menunjukkan LOS, maka dapat dilakukan tahap selanjutnya.
• Antara dua titik tersebut tidak LOS.
Jikalau hal ini terjadi, maka diupayakan melakukan re-route kembali. Artinya untuk menuju titik yang diinginkan tentunya harus melalui titik yang lainnya.